Hati-Hati Terhadap Penipuan Lowongan Pekerjaan Melalui Email


Hati-Hati Terhadap Penipuan Lowongan Pekerjaan Melalui Email


Saat ini jumlah pencari kerja semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya jumlah sumber daya manusia namun lapangan kerja tidak bertambah. Kebutuhan akan pekerjaan ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengambil keuntungan dari para pencari kerja dengan cara membuat lowongan kerja palsu.

Hati-Hati Terhadap Penipuan Lowongan Pekerjaan Melalui Email

Untuk Anda yang sedang mencari kerja, perhatikan hal-hal berikut ini agar terhindar dari penipuan.
  1. Yang sering dijadikan ladang penipuan adalah loker BUMN dan Perusahaan-perusahaan besar karena para pencari kerja sangat berminat menjadi pegawai BUMN dan Perusahaan-perusahaan besar, seperti PLN, Pertamina, PT. Pusri, PT. Petrokimia dan lain-lain.
  2. Sebagian besar perusahaan melakukan rekruitmen melalui aplikasi di website resmi Perusahaan atau melalui email resmi Perusahaan.
  3. Biasanya penipu memanfaatkan event rekruitmen dari Perusahaan besar.
  4. Jika Anda menerima email panggilan tes dan Anda tidak pernah melamar kerja di Perusahaan tersebut harap diabaikan. Jika Anda memang melamar di Perusahaan tersebut, cek emailnya, apakah sama dengan email tujuan Anda. Jika berbeda, kemungkinan besar  itu adalah penipuan.
  5. Perusahaan besar tidak menggunakan email gratisan seperti @gmail, @yahoo, @rocketmail dan email gratis lainnya. Terkadang penipu memakai email berbayar yang menyerupai email resmi Perusahaan tersebut agar lebih meyakinkan, seperti @asia dll. Lihat email resmi yang dicantumkan di website resmi untuk memastikan kebenarannya.
  6. Perusahaan besar tidak bekerja sama dengan biro travel perjalanan manapun.
  7. Perusahaan manapun tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen. Kita mencari kerja untuk menghasilkan uang, bukan untuk memberi uang. Jikapun Anda benar-benar diterima, gaji Anda tidak akan berkah.
  8. Hampir setiap website resmi Perusahaan memberikan penjelasan tentang penipuan.

Selain poin-poin di atas, masih banyak lagi yang harus diperhatikan agar kita tidak menjadi korban penipuan. Tidak hanya Perusahaan besar, ada beberapa lowongan kerja yang mengatasnamakan CV. atau PT. kecil untuk menipu Anda. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming gaji besar terutama jika pekerjaannya tidak jelas.

Intinya, kita harus berhati-hati dalam mencari pekerjaan. Jadilah pencari kerja yang cerdas.

Semoga bermanfaat dan semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

0 Response to "Hati-Hati Terhadap Penipuan Lowongan Pekerjaan Melalui Email"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel