Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android


Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android


Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan Kita semakin mudah dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, termasuk mengirim lamaran kerja. Sekarang Kita dapat mengirim lamaran kerja melalui email di ponsel atau Android Kita masing-masing.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android

Mengirim lamaran kerja melalui email ini lebih efisien, argonomis dan ekonomis dibandingkan Kita mengirim lamaran kerja melalui Pos atau mengantar langsung ke perusahaan.

Kita tidak perlu jauh-jauh datang ke perusahaan atau harus mengeluarkan uang administrasi Pos. Kita juga dapat menghemat biaya pemberkasan. Bayangkan jika Kamu harus mengirim puluhan lamaran kerja yang lokasi perusahaannya bukan di sebelah rumah Kamu, Kamu harus mengeluarkan biaya untuk pemberkasan dan transportasi, serta konsumsi sekian banyak. Tidak hanya uang, tenaga, waktu dan pikiran juga akan terkuras.

Mengirim lamaran kerja melalui email sangatlah mudah, jika Kamu sudah mengerti caranya. Yang perlu Kamu persiapkan hanyalah softfile berkas-berkas persyaratan, seperti CV, Pas Foto, Scan KTP, Scan KK, Scan Ijazah dan Transkip Nilai, SKCK, Kartu Kuning, dan berkas-berkas lain yang diperlukan.

Untuk men-scan berkas, Kamu dapat menggunakan bantuan Camscanner yang dapat diunduh gratis di Playstore.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android

Sebelum mengirim lamaran kerja melalui email, ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan, yaitu:

  1. Gunakan provider akun email yang umum digunakan orang lain, seperti Google Mail (gmail) dan Yahoo Mail (ymail/ yahoo). Menggunakan provider email yang jarang digunakan oleh orang banyak akan sulit digunakan untuk melamar kerja. email dengan provider yang jarang biasanya tidak masuk ke dalam inbox dari email HRD perusahaan, sebaliknya malah masuk ke dalam folder spam.
  2. Gunakan nama pengguna email yang sama dengan nama Kamu. Hindari menggunakan nama pengguna email yang tidak baik atau alay. Meski terkesan sepele, nama pengguna email ini sangat berpengaruh terhadap nasib lamaran kerja Kamu. Ada kemungkinan HRD akan menolak lamaran pekerjaan Kamu karena terkesan tidak professional dan tidak serius. Jika nama Kamu sudah ada yang menggunakan, tambahkan saja angka dibelakangnya.
  3. Gunakan foto profil email seperti ketika Kamu melamar pekerjaan secara konvensional. Sama dengan nama pengguna email, foto profil email ini akan menunjukan keseriusan dan keprofesionalan Kamu.
  4. Kapasitas lampiran tidak lebih dari 2 MB dalam bentuk PDF atau sesuai dengan persyaratan perusahaan, karena jika terlalu besar maka system email HRD tidak menerima pesan yang berisi surat lamaran pekerjaan Kamu dan menganggap cuma akan memenuhi kapasitas email mereka.
  5. Persiapkan berkas, susun dan namai dengan rapi, jangan sampai ada yang tidak sesuai atau tertinggal.
  6. Isi subjek email, jangan sampai dikosongkan. Isi sesuai dengan sepert yang diberitahukan perusahaan, jika tidak dijelaskan, isi dengan posisi yang hendak dilamar.
  7. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hindari penggunaan bahasa sehari-hari. Jangan harap lamaran Kamu akan diterima jika bahasa yang Kamu gunakan tidak sopan.

Cara mengirim email lamaran kerja dari Android


1. Siapkan akun email. Di sini Saya menggunakan contoh Google email. Untuk yang belum memiliki email silahkan mendaftar terlebih dahulu. Perhatikan, gunakan nama sendiri, jangan menggunakan nama yang aneh atau tidak jelas. Kemudian, ingat kata sandi email Kamu, jika perlu dicatat.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android

2. Jika akun sudah dibuat, silahkan login ke akun pribadi email Kamu. Klik logo pensil yang berada di pojok kanan atas. Untuk yang menggunakan aplikasi Gmail, logo pensil ada di sudut kanan bawah.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android

3. Masukan email tujuan, pastikan alamat email benar. 

4. Tulis subjek email sesuai dengan yang diberitahukan perusahaan dalam iklan lowongan pekerjaan. Jika tidak disebutkan, tulis posisi yang dilamar.

5. Pada badan email, isikan lamaran pekerjaan kamu seperti di Surat Lamaran Pekerjaan.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android

5. Lampirkan berkas-berkas yang menjadi persyaratan. Jangan memakai file berformat ZIP/ RAR, cukup memakai file berformat PDF/ WORD/ JPG/ PNG. Namun kembali lagi ke permintaan perusahaan, jika diminta file berformat RAR, maka kumpulkan berkas lamaran pekerjaan kamu dan rubah menjadi RAR. Jika diminta file berformat PDF, maka pastikan semua berkas berbentuk PDF. 
Usahakan semua berkas lamaran kamu jika digabungkan besarnya tidak lebih dari 2 MB, bahkan ada beberapa perusahaan yang membatasi pengirim email menjadi 500 KB. Jika lebih dari permintaan perusahaan, email kamu akan terdeteksi sebagai spam dan tidak terkirim.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android

6. Harap cek kembali lamaran kamu, jangan sampai ada yang salah atau tertinggal. Bila dirasa sudah benar, silahkan kirim email lamaran pekerjaan kamu.
    Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android

    Demikianlah cara mengirim email lamaran kerja di Android. Mudah bukan? Meskipun kamu bisa mengirim email kapan saja dan dimana saja, ada baiknya jika kamu mengirim email pada saat jam kerja.

    Jika langkah-langkah diatas diikuti dengan benar, maka besar kemungkinan Kamu akan mendapat email balasan dari pihak perusahaan untuk menjalani seleksi tahap selanjutnya.

    0 Response to "Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email Di Android"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel